4 Titik Ter-rawan Kecelakaan Di Kampus Karangwangkal

April 12, 2010 pukul 6:49 pm | Ditulis dalam Uncategorized | 6 Komentar

Daerah kampus Karangwangkal Unsoed yang berada disekitar Jalan Dr. Soeparno merupakan daerah kampus yang memiliki aktifitas mahasiswa sangat padat pada jam-jam perkuliahan. Jalan tersebut merupakan akses utama menuju GOR Soesilo Soedarman dan beberapa Fakultas yang ada di daerah kampus Karangwangkal. Beberapa Fakultas tersebut meliputi  Fakultas D3 Sastra Inggris, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan Fakultas Biologi. Tidak hanya para pengguna kendaraan bermotor (khususnya roda dua), namun juga cukup dipadati oleh para pengguna jalan kaki yang berjalan disekitar samping jalan.

Penerangan lampu jalan yang terdapat pada daerah jalan tersebut sebenarnya cukup baik karena memang telah dipasang lampu penerangan, namun terkadang lampu penerangan tersebut  tidak menyala pada malam hari. Hal itu cukup mengganggu para pengguna jalan. Sepanjang Jalan Dr. Soeparno terdapat beberapa pertigaan dan gerbang masuk kampus yang tidak diberi tanda rambu lalu lintas yang memadai, padahal rambu tersebut sangat dibutuhkan demi keamanan para pengendara kendaraan bermotor.  Pertigaan atau pintu gerbang masuk kampus disepanjang Jl. Soeparno juga memiliki jarak yang pendek dari satu pintu gerbang masuk dengan pertigaan jalan berikutnya. Hal ini membuat para pengendara kendaraan bermotor khususnya sepeda motor harus ekstra hati-hati, terlebih pada jalan tersebut pengendara motor sering melaju dengan kecepatan tinggi.

Keadaan yang digambarkan seperti diataslah yang menjadi beberapa penyebab  seringnya terjadi kecelakaan di sepanjang Jl. Dr. Soeparno, dan berikut adalah 4 titik daerah ter ”bahaya” bagi para pengguna Jl. Dr. Soeparno.

  1. Gerbang MIPA

Berdasarkan pengalaman penulis,  gerbang MIPA merupakan titik rawan kecelakaan yang berada di urutan nomor 1 (satu). Gerbang MIPA adalah satu-satunya gerbang yang digunakan bagi para pengendara kendaraan bermotor untuk mengakses Fakultas MIPA, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Biologi. Oleh karena itu aktivitas keluar masuk kendaraan di gerbang ini sangat padat sekali. Pada pagi hari ketika awal perkuliahan dimulai memang ada petugas yang mengatur lalu lintas yang hendak masuk ke gerbang ini, namun hanya dilakukan satu kali saja, setelah itu baik siang maupun sore tidak ada lagi petugas yang mengatur lalu lintas, hanya terdapat petugas keamanan saja yang piket di pos Satgas Pengaman.

Kebiasaan yang turut memperparah keadaan adalah kebiasaan para pengguna motor dari arah Griya Medica yang selalu memacu kendaraannya dengan kencang. Hal ini disebabkan karena daerah tersebut (daerah yang diarsir kuning) kondisi jalan agak sedikit menanjak, sehingga para pengendara sengaja memacu kendaraannya lebih kencang. Alangkah baiknya jika di daerah depan Faklutas Biologi diberi tanda kampus area (seperti tanda zona area sekolah yang diberi warna merah dan peringatan di badan jalan). Memang terkesan seperti anak sekolahan, namun demi keselamatan tanda seperti itu sangat diperlukan. Bahkan jika memungkinkan diberi polisi tidur agar pengendara yang sudah mulai memasuki gerbang kampus bisa memperlambat laju kendaraannya.

2. Pertigaan Jl. Gunung Srandil

Pertigaan Jl. Gunung Srandil  ada di urutan no. 2 (dua) mengingat pertigaan ini tidak begitu terlihat jika ada pengendara yang keluar dari arah Jl. Gunung Srandil, dan juga dekat dengan pintu gerbang Faklutas Peternakan. Tidak jarang pengendara dari arah Griya medica yang hendak berbelok ke Jl. Gunung Sradil menjadi kaku karena bersamaan dengan keluarnya kendaraan dari gerbang Peternakan keluar ke arah Griya medica (arah berlawanan). Pengendara yang hendak keluar dari Jl. Gunung Srandil juga harus sangat berhati-hati, karena ketika hendak berbelok terkadang terlalu mengambil badan jalan, yang menyebabkan pengendara Jl. Dr. Soeparno harus menghindar ke arah kanan, dan hal ini membahayakan jika dari arah berlawanan terdapat kendaraan lagi. Di sekitar ini bahkan baru-baru ini terjadi kecelakaan yang menelan korban jiwa.

3. Pertigaan Kelurahan Karangwangkal

Ada di urutan ke 3 (tiga) karena pertigaan ini cukup pada aktivitas pengendara kendaraan bermotor pada jam-jam perkuliahan. Berdasarkan pengalaman, pengendara yang datang dari arah Mafaza yang hendak belok ke Jalan Jaelani sering kali telat memberi isyarat lampu sein. Menyebabkan pengendara yang berada tepat dibelakangnya harus mengerem mendadak, dan jika dalam kecepatan tinggi hal ini sangat membahayakan. Bahkan pernah hampir terjadi kecelakaan akibat kejadian tersebut yang membuat kedua pengendara itu hampir terjadi adu jotos. Alangkah baiknya jika pengendara yang hendak berbelok ke arah Jl. Jaelani (menuju sovia net) memberikan isyarat lampu sein dari pertigaan mafaza.

4. Pertigaan Jl. Gunung Muria

Pertigaan ini sangat tinggi aktivitasnya pada pagi dan menjelang sore hari. Memiliki urutan ke empat (4) karena walaupun padat aktivitasnya, pertigaannya cukup lebar dan memiliki sudut pandang yang luas dari berbagai arah. Hal ini memberikan kemudahan bagi para pengendara yang hendak melewati karena mudah mengamati kendaraan disekitarnya. Namun yang harus lebih diperhatikan adalah pengendara yang akan menuju kampus Bahasa, karena harus melewati pengendara dari dua arah yang berlawanan.

Demi keselamatan pengguna jalan, penulis berharap ada perubahan infrastruktur kelengkapan jalan dan kesadaran para pengguna agar lebih disiplin. Bagi pengendara motor sekarang  jamannya menggunakan helm SNI. Keselamatan hanya untuk kita pribadi dan sedikit empati dari kita sangat berharga bagi keselamatan orang lain (mengutip dari selogan spanduk polisi nch… ^_^)

Bagaimana harapan anda demi keamanan dan kenyamanan di Jalan Dr. Soeparno ?

6 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Widih..

  2. wah…keren nieh wartawannya..
    kasih ta lagi ya,,,kalau ada berita fenting,,,hehehehe

  3. ada satu lagi.. di pertigaan perum limas permai…

  4. @ Tyan : Pertigaan limas permai tuch yang setelah turunan griya medica ya…? Bahay juga tuch disana, apa ;agi malam gelap banget!
    @ cuat : ^_^
    @ Uly : Ada yang tatut ya…. hi..hi….

  5. pengkolan dadi kos juga serem lo

  6. kuncinya dimana aja hati2


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: